Andronexus

Andronexus


Pengguna Galaxy Note 7 Dilarang Menyalakan Ponsel di Pesawat Garuda

Posted: 11 Sep 2016 05:56 AM PDT


BeritaTeknologi.com

Beberapa waktu lalu, tiga maskapai Australia mengumumkan pelarangan penggunaan Samsung Galaxy Note 7 di dalam pesawat. Dan kini, hal serupa ternyata juga dilakukan oleh maskapai dalam negeri, Garuda Indonesia. Mereka berharap agar para pengguna Galaxy Note 7 tidak mengoperasikan ponselnya di semua penerbangan Garuda Indonesia.

Samsung Galaxy Note 7

Hal itu diungkapkan secara jelas oleh Garuda Indonesia dalam rilis pers yang mereka keluarkan pada 11 September 2016. Dalam rilis pers itu, VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar mengungkapkan kalau imbauan ini dikeluarkan setelah adanya aturan serupa oleh Federal Aviation Administration (FAA) 8 September lalu.

Dengan adanya imbauan ini, pihak Garuda Indonesia berharap agar para penumpang mematuhinya. Para penumpang pun tidak diperbolehkan untuk menyalakan Galaxy Note selama di dalam pesawat. Walau digunakan dalam mode airplane sekalipun. Terlebih untuk dipakai melakukan pengisian baterai atau diletakkan dalam bagasi dalam kondisi menyala.

Pihak Garuda Indonesia, seperti dikutip dari Suara Surabaya, belum mengungkapkan batas waktu berlakunya aturan ini. Namun aturan ini dibuat berdasarkan informasi resmi dari FAA. Dan batas waktunya juga bakal disesuaikan dengan kabar terbaru yang dikeluarkan oleh FAA.

Imbauan ini dikeluarkan oleh Garuda Indonesia semata-mata demi keselamatan para penumpang. Terlebih saat ini berulang kali terjadi peristiwa baterai smartphone Galaxy Note 7 yang meledak. Bahkan yang paling parah adalah meledaknya baterai Galaxy Note 7 yang mengakibatkan mobil Jeep milik pasangan asal Amerika terbakar.

(BHK)

Ingin memuaskan hasrat mata dan keingintahuan Anda tentang teknologi? Lihat kumpulan video tentang teknologi yang wow, futuristik, serta gadget yang canggih & inovatif di [Video Teknologi WOW]

Cantik dan Berprestasi, Gloria Natapradja Ternyata Gamer Sejati

Posted: 11 Sep 2016 04:55 AM PDT



Suka dan hobi bermain gim, Glo mampu mengatur kapan dirinya harus bermain gim dan kapan harus belajar.

“Nilai jelek karena bermain gim itu tergantung pribadinya masing-masing. Kita sebagai gamer harus pintar mengatur waktu. Kehidupan virtual di dalam gim boleh saja, tetapi harus ingat kalau kita juga memiliki kehidupan di dunia nyata,” ujarnya.

Walau hanya sekadar main gim untuk bersenang-senang saja, Glo mengaku pernah ikut kompetisi DOTA 2 di Kampus Al-Azhar. Tak menjadi juara pertama, ia dan timnya berhasil menjadi juara ketiga dalam kompetisi tersebut.

Ia bahkan berniat untuk mendalami dunia gim, baik sebagai streamer atau gamer profesional. “Sangat tertarik (dunia gim) banget,” imbuhnya dengan antusias.

“Tapi aku enggak terlalu ngerti bagaimana cara menggunakan dan butuh alat apa saja yang digunakan saat streaming. Juga aku bingung mau mulai dari mana,” ia menambahkan.

“Soal gamer profesional, beberapa waktu lalu ada tim eSports yang ngajak aku gabung untuk main di Point Blank. Namun aku ragu, berhubung sudah lama tidak main PB. Tapi kalo boleh milih sih, pengen banget gabung dengan tim eSports DOTA 2, tapi hingga saat ini masih belum ada ajakan untuk gabung,” ia memungkasi.

(Ysl/Isk)

Kalahkan Bill Gates, Pemilik Toko Online Zara Jadi Orang Terkaya Sedunia

Posted: 11 Sep 2016 04:45 AM PDT


BeritaTeknologi.com

Gelar sebagai orang terkaya dunia kini bukan lagi menjadi milik pendiri Microsoft Bill Gates. Forbes secara resmi mengungkapkan kalau posisi orang terkaya dunia saat ini menjadi milik pria asal Spanyol, Amancio Ortega yang dikenal sebgai founder toko online produk fashion, Zara.

amancio-ortega

Sayangnya, gelar orang terkaya dunia yang disandang oleh Ortega itu hanya berlangsung singkat. Menurut laporan dari Forbes, Ortega tercatat mempunyai nilai kekayaan sebesar 77,8 miliar USD. Namun pada hari Rabu pekan lalu, nilai saham Inditex yang merupakan perusahaan induk Zara mengalami kenaikan sebesar 2,5 persen.

Sontak, kenaikan nilai saham ini berdampak positif pada jumlah kekayaan personal seorang Ortega yang mencapai 79,5 miliar USD. Hanya saja, pada hari Jumat, nilai saham Inditex mengalami penurunan sebesar 2,8 persen. Seiring dengan penurunan nilai saham itu, gelar orang terkaya dunia pun kembali menjadi milik Gates yang tercatat memiliki kekayaan sebesar 78,5 miliar USD.

Sebelum dikenal sebagai pria terkaya dunia, Ortega sudah merupakan sosok orang terkaya di Benua Eropa. Meski dikenal sebagai mempunyai nilai kekayaan tinggi, Ortega ternyata adalah sosok yang cukup bersahaja. Pria berusia 80 tahun itu bukanlah sosok yang terlahir di dalam keluarga kaya. Bahkan dia harus putus sekolah pada usia 13 tahun dan terpaksa bekerja di sebuah toko baju.

Setelah mendirikan Inditex dan Zara, Ortega pun tetap dikenal sebagai pria yang hidup sederhana. Bahkan Dia kerap menghabiskan waktu bersama para karyawannya. Selain itu, Ortega juga dikenal mempunyai kebiasaan untuk ngopi di kedai langganannya dengan penampilan kemeja serta blazer sederhana.

(BHK)

Ingin memuaskan hasrat mata dan keingintahuan Anda tentang teknologi? Lihat kumpulan video tentang teknologi yang wow, futuristik, serta gadget yang canggih & inovatif di [Video Teknologi WOW]

Skema O2O Jadi Kekuatan Utama MatahariMall Tahun Ini.

Posted: 11 Sep 2016 03:55 AM PDT



Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Memasuki tahun pertama sebagai eCommerce lokal, MatahariMall berhasil menghadirkan berbagai inovasi produk dan layanan terbaik bagi masyarakat di Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih atas antusiasme dan kepercayaan dari pelanggan, seller, partner, dan media terhadap sepak terjang MatahariMall di Indonesia selama satu tahun belakangan ini,” ucap Hadi Wenas selaku CEO MatahariMall dalam keterangan tertulis, Minggu (11/9/2016).

Pada perayaan ulang tahun MatahariMall yang pertama di Jakarta (9/9), Wenas membeberkan pencapaian MatahariMall.com di tahun pertamanya yang berhasil jangkau 483 dari 514 kota di Indonesia.

"Dengan semangat dan kerja keras dari para faMMilia, di tahun pertama MatahariMall, kami berhasil jangkau 483 dari 514 kota di Indonesia, sudah lebih dari 93% dari seluruh kota kabupaten yang ada di Indonesia,” ujar Wenas.

Tak hanya itu, Wenas juga mengungkap kalau pertumbuhan MatahariMall saat ini berkat skema online-to-offline (O2O). Lewat skema O2O, konsumen dapat membeli barang secara online di MatahariMall, dan mengambilnya di titik-titik O2O (PickUp&PayCOD) di seluruh Indonesia.

Selain mengandalkan skema O2O, MatahariMall pun menghadirkan program Jual Online Aja (JOA), sebuah program pelatihan bagi UMKM dan meluncurkan kembali promo diskon hingga 99% yang bernama Super September.

(Ysl/Isk)

Tak Banyak Ambil Untung, ShopBack Terus Edukasi Pasar

Posted: 11 Sep 2016 02:57 AM PDT



Andronexus.blogspot.com, Jakarta – ShopBack sebagai salah satu pelaku eCommerce di Indonesia ternyata tak mengambil banyak keuntungan dari layanannya.

Startup asal Singapura itu menyebut, layanan yang ditawarkannya sekaligus sarana edukasi untuk konsumen Indonesia.

Layanan yang ditawarkan ShopBack sendiri memang terbilang berbeda. Setiap konsumen yang berbelanja di ShopBack akan mendapatkan cashback dalam bentuk uang setiap kali berbelanja melalui platform-nya.

“Lewat ShopBack, secara tak langsung konsumen dapat berbelanja sekaligus menabung,” ujar Indra Yonathan, Country Manager dan co-founder ShopBack saat ditemui di sela-sela acara peluncuran program Pesta Cashback Nasional di Jakarta, Kamis (8/9/2016) sore.

Karenanya, lewat metode bisnis semacam ini ShopBack tak mengambil banyak keuntungan.

Menurut Yonathan, setiap komisi yang diterima pihaknya dari mitra eCommerce, 90 persen akan dikembalikan ke konsumen sebagai cashback dalam bentuk uang tunai.

“Cara ini sekaligus untuk memperkuat komunitas yang kami miliki di tiap-tiap negara,” ujar pria yang pernah berkarir di Lazada ini. ShopBack sendiri saat ini menghadirkan layanannya di Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan India.

Kendati hadir dengan cara baru, respon pasar terhadap metode bertransaksi ini juga disebut cukup baik. Selain sarana edukasi, ShopBack juga berharap dapat membantu pertumbuhan eCommerce Tanah Air.

ShopBack Indonesia sendiri setelah resmi meluncurkan aplikasi mobile pada Mei 2016, tumbuh cukup signifikan. Dengan 780 ribu pengguna saat ini, diharapkan dapat bertambah hingga 1,5 juta pengguna di akhir tahun.

Dari sisi kontribusi, Indonesia juga menyumbang pertumbuhan transaksi yang terbilang besar. Pasar Tanah Air disebut telah tumbuh sekitar 44 persen dari keseluruhan transaksi di wilayah operasi ShopBack.

(Dam/Isk)

Kamera Ganda Hanya Akan Ada di iPhone Versi Plus

Posted: 11 Sep 2016 01:55 AM PDT



Andronexus.blogspot.com, Taipei – Apple menyematkan fitur Optical Image Stabilization (OIS) untuk kedua iPhone teranyarnya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Karena itu, besar kemungkinan fitur yang sebelumnya hanya ada di versi iPhone dengan embel-embel “Plus” itu, akan terus hadir di seri iPhone selanjutnya.

Namun, bagaimana dengan kamera ganda yang ada di iPhone 7 Plus? Apakah ada kemungkinan kamera ganda ini nantinya juga hadir di versi iPhone standar?

Menjawab pertanyaan itu, laporan terbaru dari analis Ming-Chi Kuo dari KGI Securities menyebut fitur kamera ganda masih akan terbatas untuk model iPhone high-end, begitu juga untuk seri terbaru di tahun 2017 mendatang.

“Meski kehadiran kamera ganda ini merupakan fitur menarik, fungsinya masih terbilang belum menjadi fitur yang menarik pasar yang lebih luas,” ujar analis yang dikenal melontarkan prediksi akurat tentang Apple itu.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Minggu (11/9/2016), biaya diprediksi menjadi alasan kuat Apple memilih fitur kamera ganda tak akan hadir di tiap versi iPhone.

Dengan perhitungan biaya tambahan sekitar US$ 30 sampai 40, ditambah perusahaan asal Cupertino itu hanya akan menambah nilai lebih untuk versi iPhone berlabel Plus, besar kemungkinan iPhone berbanderol tinggi sajalah yang memiliki fitur tersebut.

Sebagai informasi, Apple memang untuk kali pertama memperkenalkan produk smartphone berkamera ganda lewat iPhone 7 Plus. Dua lensa itu diklaim dapat mengambil gambar lebih baik.

Satu lensa merupakan lensa wide-angle 28mm, sedangkan satu lensa lainnya adalah lensa telephoto 56mm. Keduanya memiliki resolusi 12MP dengan snapper yang lebih cepat 60 persen dan 30 persen lebih efisien.

Fungsi kamera ganda di highend smartphone tengah menjadi tren saat ini. Selain Apple, perusahaan lain seperti Huawei dan LG juga lebih dulu memperkenalkan smartphone berkamera ganda, melalui Huawei P9 dan LG G5.

(Dam/Why)

Tiongkok Perkuat Armada Militer dengan Pesawat Terbesar di Dunia

Posted: 11 Sep 2016 12:55 AM PDT



Andronexus.blogspot.com, Beijing – Pemerintah Tiongkok dan Antonov Company dari Ukraina, baru saja membuat kesepakatan baru. Keduanya akan kembali memproduksi pesawat kargo terbesar yang pernah ada untuk membawa logistik bagi Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok.

Sebagai informasi, militer Tiongkok saat ini masih mengandalkan jalan darat untuk memobilisasi tentara dan peralatan berat lainnya. Karenanya, penggunaan pesawat raksasa ini akan sangat membantu armada Tiongkok secara keseluruhan.

Dikutip dari laman Business Insider, Jumat (9/9/2016), pesawat yang bernama AN-225 Mriya ini berhasil mencetak rekor dunia dalam hal ukuran dan kekuatan.

Pesawat ini memiliki enam mesin yang menciptakan lebih dari 300 ribu pon dorongan, yang mana mampu memuat barang sampai 200 ton.

“Pesawat ini membuat Tiongkok memiliki pesawat terbesar yang pernah ada, dan bahkan tak dimiliki Amerika Serikat, kecuali dengan menyewanya,” ujar Peter Singer seorang pengamat di Tiongkok.

AN-225 Mriya sendiri cukup besar untuk membawa helikopter, tank, artileri, termasuk pesawat lainnya.

Selain itu, Center for Strategic dan Internasional Studies, baru saja menemukan fakta bahwa Tiongkok telah mengembangkan landasan pacu sekelas militer berskala besar. Keberadaan hanggar itu disebut dapat memberi keuntungan bagi pemerintah Tiongkok di tengah dinamika Laut China Selatan.

Meskipun ditujukan untuk pihak militer, pesawat ini juga cocok dipakai untuk kebutuhan masyarakat sipil. Pemerintah dapat menggunakannya untuk memindahkan perlengkapan konstruksi sebagai bagian dari inisiatif ‘One Belt, One Road’.

Sebuah rencana pemerintah Tiongkok untuk menghidupkan kembali jalur sutra dengan wilayah di Timur Tengah.

Analis lain dari Defense One Marcus Weisgerber menyebut, penggunaan pesawat dari teknologi era Uni Soviet ini seperti sejarah yang berulang.

Sebelumnya, pesawat Tiongkok, Liaoning, juga merupakan pembaruan lambung kapal dari Ukraina yang diperbarui.

(Dam/Isk)

Baterai Bermasalah, Samsung Gelar Program Tukar Galaxy Note 7

Posted: 10 Sep 2016 11:57 PM PDT



Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Phablet teranyar Samsung, Galaxy Note 7 dilaporkan banyak penggunanya mengalami masalah. Di akhir Agustus 2016, salah seorang pengguna di Tiongkok mengunggah gambar phablet-nya hangus terbakar. Ia berdalih, penyebab handset-nya terbakar dikarenakan baterai Galaxy Note 7.

Tak sampai di situ, kabar kurang mengenakan soal Galaxy Note 7 pun datang lagi dari St Petersburg, Florida.

Salah seorang pengguna Galaxy Note 7 melaporkan mobil jeep-nya terbakar karena ia mengisi baterai phablet ketika sedang menurunkan barang belanjaannya dari mobil.

Makin maraknya laporan prihal Galaxy Note 7 yang bermasalah, membuat Regulator Penerbangan Amerika Serikat (Federal Aviation Administration/FAA) mengambil keputusan melarang penumpang pesawat mengaktifkan dan mengisi baterai Galaxy Note 7 mereka selama penerbangan berlangsung.

Melihat hal ini, Samsung akhirnya memutuskan untuk mengadakan program replacement Galaxy Note 7 dalam skala global.

Dilansir dari laman Samsung Newsroom pada Minggu (11/9/2016), program replacement tersebut mengimbau semua pengguna Galaxy Note 7 agar segera mengganti handset-nya ke toko resmi Samsung di lokasi terdekat.

Disampaikan DJ Koh, President of Mobile Communications Business Samsung Electronics, prioritas utama Samsung saat ini adalah keamanan untuk para konsumennya. Oleh karena itu, atas nama Samsung, ia mengimbau kepada para pengguna untuk mengganti Galaxy Note 7 sesegera mungkin.

“Kami tengah mempercepat proses replacement ini agar semua bisa mengganti handset-nya dengan cepat. Kami berterima kasih kepada konsumen karena telah bersabar dan mengerti akan perihal ini,” kata Koh.

Ditambahkan Koh, meski sudah ada beberapa insiden seputar Galaxy Note 7, Samsung tetap berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen soal masalah phablet-nya.

Bahkan, mereka telah mengidentifikasi perangkat yang bermasalah dan menghentikan penjualan dan pengapalan perangkat tersebut. “Kami juga telah berkolaborasi dengan badan regulator nasional untuk memproses langkah ini,” pungkasnya.

(Jek/Ysl)

Indosat Ooredoo Gelar Hackathon IWIC 10

Posted: 10 Sep 2016 10:55 PM PDT



Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Memasuki tahun ke-10 ajang Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC), Indosat Ooredoo tahun ini mendorong talenta digital terus berkreasi menciptakan aplikasi mobile. Salah satunya melalui Hackathon IWIC 10.

Singkat kata, Hackathon IWIC 10 adalah kompetisi pembuatan aplikasi mobile secara marathon selama 24 jam yang bertempat di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong.

Terdapat 71 tim peserta yang berasal dari berbagai kota antara lain Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Jambi, Padang, Pontianak, Probolinggo, Yogyakarta, Semarang, Wonosobo, Manado, dan Solo. Masing-masing tim terdiri dari 2 hingga 3 orang developer muda, pelaku start-up lokal, dan pelajar/mahasiswa. 

Group Head Culture Transformation Indosat Ooredoo Thomas Purnawan Suhardja, dalam keterangannya kepada Tekno Andronexus.blogspot.com mengatakan, “Dalam 24 jam ini, kita semua dapat melihat bahwa potensi generasi muda Indonesia sangat besar untuk dapat bersaing di kancah global.”

Para peserta berkompetisi untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai, saldo Dompetku, dan voucher Cipika dengan total puluhan juta rupiah. Karya-karya yang tercipta di ajang ini akan otomatis terdaftar di IWIC 10. 

Adapun kriteria penilaian meliputi uniqueness, originality, monetization, utility, dan readiness. Peringkat Terbaik 1 adalah Aplikasi Pegihaji, Peringkat Terbaik 2 adalah Aplikasi Colornesia, sedangkan Peringkat Terbaik 3 adalah Aplikasi Cuci-cuci. 

“Melalui IWIC 10 yang juga terbuka untuk peserta dari luar negeri, kami ingin membawa karya anak bangsa untuk siap bersaing di kancah internasional. Di kemudian hari, Indonesia tidak hanya menjadi negara pengguna, namun juga pembuat aplikasi mobile yang bisa dinikmati oleh semua orang di dunia,” ujar Thomas melanjutkan. 

Adapun berbagai  kategori di IWIC 10 yaitu  Kids, Teens, University Student and Public, Developers Category, Special Category for Women & Girls, dan Disabled Category. Kategori itu dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia. Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang communications, lifestyle & education, multimedia & games, utility (tools, security, ideas/apps for disabled), tourism, dan social innovation.

“Kami berharap, para anak bangsa mampu menciptakan ekosistem digital di Indonesia, dan mampu mengangkat perekonomian Indonesia melalui aplikasi-aplikasi yang accessible dan ramah untuk semua lapisan masyarakat,” kata Thomas menutup pernyataannya.

(Why)

Asal-usul di Balik Nama Asteroid Freddie Mercury

Posted: 10 Sep 2016 08:57 PM PDT


Andronexus.blogspot.com, California – Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-70, Badan Antariksa Internasional Astronomical Union’s Minor Planet Center secara resmi mengumumkan pemberian nama Freddy Mercury kepada asteroid ‘17473’.

Benda luar angkasa tersebut merupakan asteroid langka yang sempat ditemukan oleh NASA pada 1991 silam.

Dilansir Mirror pada Rabu (7/9/2016), hal ini juga diumumkan oleh sang gitaris band Queen, Brian May.

Diakui olehnya, Queen sangat menghargai keputusan pihak Astronomical Union’s Minor Planet Center dalam memberikan nama Freddie untuk asteroid 17473.

“Saya senang karena Astronomical Union’s Minor Planet Center memutuskan untuk memberikan nama baru ke 17473 dengan nama Freddie. Selain ini merupakan momen ulang tahun ke-70 tahun Freddie, saya yakin juga bisa menjadi sesuatu yang bakal ikonik,” kata May.

Alasan Astronomical Union’s Minor Planet Center memberikan nama Freddie ke asteroid itu tak lain karena 17473 merupakan asteroid yang dianggap memiliki karakteristik yang unik.

Sekadar informasi, 17473 terletak di antara planet Jupiter dan Mars, tepatnya pada hamparan asteroid Belt. Asteroid tersebut bisa memancarkan cahaya dengan kadar lebih dari 30 persen.


“Sekilas jika dilihat memang tampak seperti titik cahaya. Namun Badan Antariksa menyebutnya titik cahaya yang spesial, yang bahkan bisa mempengaruhi galaksi,” lanjut May.

Oleh karena itu, sambungnya, filosofi asteroid 17473 dengan karakter Freddie Mercury dinilai sama. “Freddie memiliki influence yang besar di dunia entertainment. Ia begitu bersinar dan terus menularkan semangat ke orang-orang terdekatnya,” ia menambahkan.


Lahir dengan nama Farrokh Bulsara pada 5 September 1946, Freddie Mercurie mulai dikenal mulai era 1970 hingga 1980-an dengan penampilannya yang nyentrik dan menghipnotis. 

Sayang, vokalis band Queen ini harus menghembuskan nafas terakhirnya di usia 45 tahun karena penyakit AIDS pada 1991 silam.

(Jek/Cas)

Previous
Next Post »