Andronexus

Andronexus


KCR-60, Kapal Penjaga Wilayah Indonesia Buatan Dalam Negeri

Posted: 10 Sep 2016 05:55 AM PDT


Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Indonesia sebagai daerah maritim membutuhkan alat transportasi penghubung antarpulau. Terlebih, sebagian besar wilayahnya perlu dijaga, sebab menyangkut masalah batas wilayah, keamanan, dan keutuhan wilayah.

Untuk itu, PT PAL Indonesia sebagai salah satu industri strategis yang dikenal sebagai penghasil kapal-kapal andalan dalam negeri, harus mampu menjawab tantangan keamanan wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari lautan.

Setelah berhasil dengan Fast Patrol Boat 57 atau dikenal sebagai FPB-57, PT PAL kembali ditunjuk pemerintah untuk memproduksi kapal perang bagi TNI AL.

Menjawab kebutuhan ini, PT PAL Indonesia meningkatkan inovasi di dunia kapal militer dengan menciptakan Kapal Cepat Rudal 60 (KCR 60), yang merupakan penerus kapal FPB-57. Sebagai informasi, FPB-57 adalah kapal yang dibangun di Jerman dan telah digunakan kurang lebih 15 tahun oleh TNI.

Angka 60 merujuk pada panjang utuh kapal yakni 60 meter. Dengan lebar 8,1 meter, tinggi geladak 4,85 meter, sarat air 2,6 meter, dan berat total 460 ton, kapal ini mampu menampung kru sebanyak 55 orang.

Kapal Cepat Rudal 60 KRI Tombak-629 betugas mengamankan perairan wilayah Indonesia Timur (istimewa)
Sebagai armada pengembangan dari FPB-57, KCR-60 memiliki banyak keunggulan dari pendahulunya. Salah satunya adalah segi interior yang sudah sangat modern dan minimalis, walaupun untuk fungsi tempur.

“Dari awal pembuatan, kami berkomunikasi dengan TNI AL. Kapal apa yang mereka butuhkan. Maka lahirlah KCR-60 ini,” ujar Dr. Ir. M. Zaed Yuliadi M.Sc., Kepala Divisi Teknologi PT PAL Indonesia seperti dikutip Sumber Inspirasi Indonesia: 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa, terbitan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Sabtu (10/9/2016).

Indosat Ooredoo Gelar Hackathon IWIC 10

Posted: 10 Sep 2016 04:55 AM PDT



Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Memasuki tahun ke-10 ajang Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC), Indosat Ooredoo tahun ini mendorong talenta digital terus berkreasi menciptakan aplikasi mobile. Salah satunya melalui Hackathon IWIC 10.

Singkat kata, Hackathon IWIC 10 adalah kompetisi pembuatan aplikasi mobile secara marathon selama 24 jam yang bertempat di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong.

Terdapat 71 tim peserta yang berasal dari berbagai kota antara lain Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Jambi, Padang, Pontianak, Probolinggo, Yogyakarta, Semarang, Wonosobo, Manado, dan Solo. Masing-masing tim terdiri dari 2 hingga 3 orang developer muda, pelaku start-up lokal, dan pelajar/mahasiswa. 

Group Head Culture Transformation Indosat Ooredoo Thomas Purnawan Suhardja, dalam keterangannya kepada Tekno Andronexus.blogspot.com mengatakan, “Dalam 24 jam ini, kita semua dapat melihat bahwa potensi generasi muda Indonesia sangat besar untuk dapat bersaing di kancah global.”

Para peserta berkompetisi untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai, saldo Dompetku, dan voucher Cipika dengan total puluhan juta rupiah. Karya-karya yang tercipta di ajang ini akan otomatis terdaftar di IWIC 10. 

Adapun kriteria penilaian meliputi uniqueness, originality, monetization, utility, dan readiness. Peringkat Terbaik 1 adalah Aplikasi Pegihaji, Peringkat Terbaik 2 adalah Aplikasi Colornesia, sedangkan Peringkat Terbaik 3 adalah Aplikasi Cuci-cuci. 

“Melalui IWIC 10 yang juga terbuka untuk peserta dari luar negeri, kami ingin membawa karya anak bangsa untuk siap bersaing di kancah internasional. Di kemudian hari, Indonesia tidak hanya menjadi negara pengguna, namun juga pembuat aplikasi mobile yang bisa dinikmati oleh semua orang di dunia,” ujar Thomas melanjutkan. 

Adapun berbagai  kategori di IWIC 10 yaitu  Kids, Teens, University Student and Public, Developers Category, Special Category for Women & Girls, dan Disabled Category. Kategori itu dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia. Seluruh kategori akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang communications, lifestyle & education, multimedia & games, utility (tools, security, ideas/apps for disabled), tourism, dan social innovation.

“Kami berharap, para anak bangsa mampu menciptakan ekosistem digital di Indonesia, dan mampu mengangkat perekonomian Indonesia melalui aplikasi-aplikasi yang accessible dan ramah untuk semua lapisan masyarakat,” kata Thomas menutup pernyataannya.

(Why)

Ternyata Banyak yang Tak Tahu Perbedaan iPhone 7 dan 7 Plus dengan iPhone Terdahulu

Posted: 10 Sep 2016 03:57 AM PDT


BeritaTeknologi.com

Apple baru saja memperkenalkan secara resmi produk terbarunya, iPhone 7 dan 7 Plus. Beberapa fitur anyar dimiliki oleh ponsel terbaru ini. Termasuk di antaranya adalah kualitas kamera yang lebih ciamik serta balutan sertifikasi IP67 yang membuat ponsel ini tahan terhadap air dan debu.

Tentu saja ponsel terbaru dari Apple ini belum bisa dijumpai di pasaran. Jadi, untuk saat ini, pecinta iPhone pun masih belum bisa menyaksikan keberadaan langsung dari iPhone 7 dan 7 Plus. Dan menariknya lagi, ternyata cukup banyak pengguna iPhone yang benar-benar tidak mengetahui perbedaan antara iPhone terbaru dengan iPhone lawas yang sehari-hari digunakannya.

Fenomena itu terungkap dalam sebuah video rekaman acara komedi Jimmy Kimmel Live. Pada percobaan yang mereka lakukan, kru acara komedi itu menawarkan kepada para pengguna iPhone pengalaman mencoba prototype 'iPhone 7'. Padahal kenyataannya, iPhone yang diberikan kepada para pecinta iPhone itu adalah iPhone milik mereka sendiri yang layarnya sedikit dibersihkan dan diberikan casing baru.

Menariknya, dalam video tersebut nampak kalau para pengguna iPhone itu tidak sadar bahwa ponsel yang tengah mereka coba bukanlah iPhone 7 yang baru saja diperkenalkan Apple. Bahkan mereka mengatakan kalau 'iPhone 7' yang mereka pegang itu punya layar lebih besar dan lebih tipis dibandingkan iPhone miliknya.

Tak hanya itu, para pengguna iPhone itu juga sangat gembira ketika memperoleh penawaran untuk mendapatkan 'iPhone 7' hanya dengan membayar uang 50 USD. Sayangnya, kegembiraan itu berujung pada rasa kaget, setelah mereka diberi tahu bahwa iPhone yang mereka coba bukanlah iPhone 7, melainkan iPhone yang sehari-hari mereka gunakan.

(BHK)

Ingin memuaskan hasrat mata dan keingintahuan Anda tentang teknologi? Lihat kumpulan video tentang teknologi yang wow, futuristik, serta gadget yang canggih & inovatif di [Video Teknologi WOW]

Ponsel 'Selamatkan' Nyawa Pria Ini dari Tembakan

Posted: 10 Sep 2016 02:55 AM PDT


Rupanya, kejadian pria diselamatkan dari tembakan karena sebuah smartphone bukanlah yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, seorang mahasiswa di Fresno California, Amerika Serikat, pun pernah diselamatkan oleh iPhone miliknya.

Mahasiswa ini secara tiba-tiba diserang oleh orang tak dikenal yang berusaha merampoknya. Korban tak mengetahui bahwa perampoknya membawa senjata api.

Ketika sedang berjibaku mempertahankan tasnya yang berisi laptop, perampok itu menembakkan pistol ke kaki korban.

Bagian iPhone yang terkena peluru (sumber : bgr.com)
Peluru tersebut menembus celana korban. Untungnya, korban tak terluka karena peluru yang ditembakkan tertahan iPhone yang ada di sakunya.

Bukan hanya itu, seorang pria di Paris, Prancis, mengaku telah diselamatkan ponsel miliknya dari serangan teror di luar stadion nasional Prancis, November 2015.

Dalam sebuah foto, ia menunjukkan smartphone miliknya pecah lantaran tertembak peluru. Menurutnya, smartphone tersebut telah menyelamatkan hidupnya. 

(Tin/Isk)

Tanggapan Petinggi Lenovo soal Chipset di Perangkatnya

Posted: 10 Sep 2016 01:55 AM PDT


Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Intel merupakan perusahaan yang sangat dikenal oleh pengguna karena produk chipset besutannya. Adapun Lenovo adalah salah satu perusahaan yang menggunakan chipset Intel di perangkatnya.

Kita bisa menemukan chipset Intel misalnya di laptop atau tablet Lenovo. Namun, tidak demikian dengan smartphone.

Menurut pengamatan Tekno Andronexus.blogspot.com, Lenovo menggunakan chipset Qualcomm dan MediaTek untuk smartphone.

Sehubungan dengan hal ini, beberapa waktu lalu kami bertanya langsung kepada Corporate President and Chief Operating Officer Lenovo, Gianfranco Lanci terkait kemungkinan penggunaan chipset Intel di smartphone.

#LenovoLaunch di Berlin. (Andronexus.blogspot.com/Mochamad Wahyu Hidayat)
“Kami sangat terbuka dengan kemungkinan apa pun. Biasanya, kami bekerja sama dengan beberapa perusahaan rekanan utama kami seperti Intel, Microsoft, Qualcomm, dan lain-lain, untuk penggunaan komponen atau teknologi tertentu,” ujar Gianfranco.

Meski demikian, kata pria yang mengantongi gelar di bidang engineering dari Politecnico of Turin tersebut, hubungan kemitraan ini juga tergantung pada apa yang ditawarkan oleh perusahaan rekanan itu.

“(Chipset, red.) Intel memang tidak diragukan lagi untuk PC atau laptop. Tapi di ranah mobile, mungkin saat ini bisa dibilang Intel belum terlalu bisa unjuk gigi,” tutur Gianfranco.

Kemudian, soal rencana apakah Lenovo akan membuat chipset sendiri seperti tiga kompetitornya, ia mengatakan bahwa untuk saat ini Lenovo belum memikirkan hal itu. “Sekarang bukan waktunya bagi kami untuk membuat chipset sendiri,” ujar pria asal Italia tersebut memungkas penjelasannya soal chipset.

(Why)

Dahsyat, Betapa Rakusnya Layanan Data di Indonesia!

Posted: 10 Sep 2016 12:57 AM PDT



Andronexus.blogspot.com, Bandung – Layanan data dan internet di Jawa Barat khususnya dan Indonesia umumnya demikian rakus digunakan masyarakat.

Hal itu disampaikan Heru Setiawan, Regional Network Operation Manager PT Smart Fren West Java, saat ditanya tim Tekno Andronexus.blogspot.com di Bandung, Rabu (7/9/2016) kemarin.

“Akhir tahun lalu, rata-rata bandwith layanan data internet yang terpakai di Jawa Barat itu kisaran 1 Gbps setiap harinya. Belum satu tahun, saat ini sehari sudah 5 Gbps per hari,” katanya.

Menurutnya, situasi itu terjadi karena pola pengguna layanan data internet yang terbilang unik dibandingkan layanan suara dan SMS yang cenderung sejalur, ada batasnya, dan tidak terlalu menimbulkan kecanduan.

Pengguna data dan internet bisa melakukan multitasking, membuka banyak aplikasi saat berselancar dan tidak mudah jenuh. Di lain sisi, menelepon dan kirim layanan sejenis SMS pun sudah makin nyaman jika gunakan platform berbasis layanan data.

Smartfren mengklaim produk miliknya seperti MiFi lebih efektif dan efisien karena hanya menangkap dan memancarkan sinyal.

Situasi ini membuat kepuasan lebih tinggi dibandingkan layanan ponsel cerdas yang sinyal kerap terganggu akibat terlalu banyak layanan diakses.

“Ada yang menarik juga, karena dari tingginya tingkat layanan, paling ramai itu justru setelah jam 24 sampai jam 7. Pengguna kami lebih aktif di jam tersebut, kemungkinan besar mengunduh film dan musik, main gim (game), chatting, dan banyak lagi,” katanya.

Jam sibuk lainnya adalah setelah makan siang dan dari sore ke malam. Namun situasi ini bukanlah jaminan dalam estimasi penggunaan jaringan karena karakter unik pengguna internet tadi.

Heru menambahkan, pola pengguna juga membuat trafik tak bisa dikalkulasi akurat apa lebih sibuk di hari biasa atau hari libur. Sebab, data internet sudah nyaris tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita kira kalau hari kerja ya padatnya di area perkantora saja. Tidak selalu begitu. Pas hari libur pun tetap padat, karena akses internet tetap jalan hanya dilakukannya di rumah semua. Kalau lagi libur panjang, kalkulasi juga tak mudah karena terjadi perpindahan pengguna secara acak dan besar,” sambungnya.

(Msu/Ysl)

Top 3: Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Posted: 09 Sep 2016 11:55 PM PDT


Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Smartphone terbaru Apple, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, resmi diluncurkan beberapa hari lalu lalu. Namun sayangnya, belum ada kabar bahwa keduanya akan resmi dijual di Indonesia. 

Artikel tentang harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus apabila resmi dijual di Indonesia, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Andronexus.blogspot.com edisi Jumat (9/9/2016).

Dua artikel terpopuler lainnya adalah artikel berjudul Samsung Galaxy S7 Vs iPhone 7, Menang Mana? dan Maksimalkan Performa Android Kamu dengan 5 Hal Ini. Selengkapnya, simak Top 3 Tekno Andronexus.blogspot.com berikut ini.

1. Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Jika Resmi Dijual di Indonesia?
Ilustrasi iPhone 7 di gelaran Apple Special Event (Sumber: TechCrunch)
Setelah diperkenalkan di gelaran Apple Special Event yang berlokasi di San Francisco, iPhone 7 dan 7 Plus dipastikan akan meluncur ke beberapa negara pada 16 September 2016, di antaranya Australia, Austria, Singapura, dan Jepang.

Sementara pada 23 September 2016, perangkat ‘dynamic duo’ ini akan didistribusikan ke 30 negara lain. Sampai saat ini, memang belum ada titik terang soal ketersediaan iPhone 7 dan 7 Plus di Indonesia. Alih-alih, seri pendahulu seperti iPhone 6s, 6s Plus dan SE pun belum dijual secara resmi hingga saat ini karena tersandung isu TKDN yang akhirnya diketahui telah diteken belum lama ini.

Selanjutnya baca di sini

2. Samsung Galaxy S7 Vs iPhone 7, Menang Mana?
Beli mana? Samsung Galaxy S7 edge atau iPhone 6s
Apple baru saja meresmikan kehadiran smartphone terbarunya, iPhone 7 di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Kamis (8/9/2016) dini hari.

iPhone 7 sering disandingkan sebagai pesaing dari Samsung Galaxy S7 yang melenggang Februari 2016 di ajang Mobile World Congress, Barcelona, Spanyol. Tekno Andronexus.blogspot.com mencoba membandingkan keduanya, menang mana ya?

Selanjutnya baca di sini

3. Maksimalkan Performa Android Kamu dengan 5 Hal Ini
Android menjadi salah satu sistem operasi dengan pengguna terbanyak. Hal itu bukannya tanpa alasan sebab sistem operasi besutanGoogle itu terbilang memiliki beragam fitur menarik dan dukungan aplikasi.

Namun ternyata tak semua pengguna ponsel robot hijau itu mengetahui beragam hal menarik yang bisa dilakukan dengan perangkatnya. Bahkan, hal menarik ini tak membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa digunakan. Berikut ini 5 (lima) hal keren yang dapat digunakan langsung dari sistem operasi Android. Penasaran

Selanjutnya baca di sini

(Why)

Punya Tiga Bisnis Besar, Mana Prioritas Lenovo?

Posted: 09 Sep 2016 10:55 PM PDT


Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Beberapa waktu lalu Tekno Andronexus.blogspot.com berkesempatan untuk mewawancarai Corporate President and Chief Operating Officer Lenovo, Gianfranco Lanci. Dalam sesi wawancara tersebut, hal pertama yang kami coba gali lebih dalam adalah prioritas Lenovo dalam menjalankan bisnisnya.

Mengawali penjelasannya, Gianfranco berujar, “Sebetulnya saat ini kami tidak memprioritaskan salah satu di antara bisnis besar kami. Namun yang jelas, saat ini kami punya tiga bisnis besar yaitu PC, Mobile/Mobility, dan Data Center.”

Untuk bisnis PC, menurut keterangan Gianfranco, Lenovo menempati takhta tertinggi pasar PC di dunia. “Sekarang kami nomor satu di dunia di bisnis PC. Profitabilitas kami di bisnis ini tinggi,” tutur pria asal Italia tersebut optimistis.

Corporate President and Chief Operating Officer Lenovo, Gianfranco Lanci. Andronexus.blogspot.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kemudian, pria yang memegang gelar di bidang engineering dari Politecnico of Turin tersebut memaparkan, bisnis mobile Lenovo saat ini tengah mengalami pertumbuhan. Mengenai strategi di bisnis mobile, setelah mengakuisisi Motorola dari Google secara utuh pada 2014, Lenovo masih tengah berusaha untuk melakukan integrasi bisnis mobile Lenovo dengan Motorola.

“Belakangan ini kami telah mengambil langkah penting terkait integrasi semisal dalam hal rantai pasokan (supply chaing) hingga pemasaran,” kata pria yang sebelumnya jadi orang nomor satu di Acer tersebut.

Tak dimungkiri, potensi bisnis mobile saat ini sangat besar. Laporan Business Insider menunjukkan, penjualan smartphone telah meningkat signifikan sejak 2006. Bahkan pada 2015, pengapalan smartphone melebihi 1,5 miliar unit.

“Bisnis mobile saat ini punya potensi sangat besar. Karena itu, kami punya peluang emas di sana. Di pasar negara-negara berkembang saat ini kami sudah menjadi merek yang kuat, termasuk di Indonesia,” tutur Gianfranco.

Adapun beberapa pasar lain di mana Lenovo mampu menunjukkan taringnya adalah sejumlah negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.

Beralih ke bisnis data center, ia mengakui Lenovo telah mengantongi 8 hingga 10 persen pangsa pasar di bisnis ini. Yang cukup menarik di sini adalah, dalam pandangannya, bisnis ini mengalami perubahan besar-besaran dalam beberapa tahun ke depan.

“Bisnis data center tengah berubah karena arsitektur data center yang juga berubah. Dengan demikian, masa depan bisnis ini juga akan berubah secara drastis dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan,” kata Gianfranco.

(Why)

Tips Agar Smartphone Tak Mudah Jatuh

Posted: 09 Sep 2016 09:57 PM PDT


Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Kebanyakan smartphone yang rilis saat ini memiliki material dari kaca atau metal. Sayangnya, meski tampak elegan, material tersebut diklaim cukup mengganggu karena licin saat digenggam. Risikonya, smartphone pun mudah jatuh.

Jika smartphone sudah terlanjur jatuh, tentu akan memperburuk tampilan bodinya. Bayangkan, kamu sudah membeli smartphone-mu mahal-mahal karena tampil dengan desain dan material premium, semua rusak begitu saja gara-gara jatuh.

Nah, agar kamu tidak mengalami hal yang menjengkelkan ini, Tekno Liputan6.com akan tawarkan tips agar smartphone kamu tidak mudah jatuh. Yuk simak caranya berikut ini.

1. Lengkapi Smartphone dengan Casing Tambahan

Kebanyakan smartphone dijual tanpa aksesori tambahan seperti casing. Karena itu, ada baiknya kamu membeli casing yang dijual terpisah untuk mencegah benturan saat smartphone-mu terjatuh.


Coba beli casing protektif dengan material sandstone atau strong rubber, tak hanya akan terasa solid saat digenggam, casing ini pun mampu menahan smartphone dari benturan keras.

Mobil Terbakar Gara-Gara Galaxy Note 7?

Posted: 09 Sep 2016 08:55 PM PDT


Andronexus.blogspot.com, Jakarta – Sebuah mobil Jeep di St Petersburg Florida diduga terbakar lantaran di dalamnya ada sebuah Galaxy Note 7.

Jeep milik Nathan Dornacher terbakar hangus saat ia meninggalkan smartphone premium besutan Samsung itu di dalamnya. Rupanya, Galaxy Note 7 milik Dornacher sedang ditinggal di Jeep dalam kondisi sedang diisi dayanya.

Pria tersebut mengaku meninggalkan Galaxy Note 7 di dalam Jeep lantaran sedang menurunkan barang-barang belanjaan untuk anaknya dari mobil.

Ia pun terkejut sebab saat kembali ke Jeep-nya, mobil tersebut sudah terbakar. Untungnya, pemadam kebakaran bisa menangani api sebelum terlambat.

Seperti Tekno Andronexus.blogspot.com kutip dari Phone Arena, Sabtu (10/9/2016), Dornacher dalam laman Facebook-nya mengatakan, tak yakin penyebab kebakaran karena Galaxy Note 7-nya. “Namun, semua tanda menunjuk ke hal itu,” kata Dornacher.

Ia juga menuliskan di Facebook, bahwa ia telah menghubungi Samsung dan berbincang selama satu jam di telepon. Sayangnya, ketika sang customer service menjanjikan perusahaan akan menghubunginya kembali, Samsung tak menghubunginya.

“Mungkin ini saatnya (Samsung) menghubungi pengacara,” kata Dornacher.

Galaxy Note 7 yang hangus terbakar di sebuah Jeep (Sumber: Gizmodo)
Kepada media lokal Florida, Samsung mengonfirmasi perusahaan sangat peduli pada insiden yang dialami oleh konsumennya.

“Kami bekerja sama dengan pelanggan untuk menginvestigasi kasus ini dan memastikan kami melakukan segala yang kami mampu untuknya,” demikian pernyataan Samsung.

Sebelumnya, sebanyak 2,5 juta unit Galaxy Note 7 yang baru diluncurkan terpaksa harus ditarik kembali dari pasaran lantaran masalah baterai.

Perusahaan Korea Selatan ini juga membatalkan seluruh pre-order yang dilakukan konsumennya. Padahal, ponsel premium ini diberitakan laris terjual dalam beberapa hari sejak masa pre-order dibuka. 

(Tin/Ysl)

Previous
Next Post »