MediaTek Helio X30, Prosesor 10 Core Terbaru yang Mendukung RAM 8GB dan Kamera 28MP


BeritaTeknologi.com

Chip prosesor MediaTek kini bukan lagi untuk perangkat murah. Terlebih dengan produk prosesor Helio yang memiliki kemampuan tidak kalah dengan chip prosesor high end. Dan yang terbaru adalah prosesor Helio X30, prosesor 10 core high end yang mempunyai kemampuan canggih.

mediatek-helio

Chip prosesor ini hadir dengan masing-masing 2 core A73 2,8GHz, empat core A53 2,2 GHz, serta empat core A35 2GHz. Tak ketinggalan, chip prosesor ini dibangun dengan menggunakan teknologi prosesing FinFET 10nm milik TSMC. Dengan teknologi tersebut, chip ini mampu menunjang RAM 8GB dan RAM LPDDR4x 1866Mhz. Selain itu, chip ini juga mendukung UFS 2.1 serta kemampuan prosesing gambar lebih baik.

Tak hanya memberikan dukungan RAM jauh lebih tinggi. Chip ini juga dilengkapi dengan dukungan untuk penggunaan kamera hingga 28MP pada kecepatan 30fps. Bisa pula digunakan untuk melakukan encode video 4K 30Hz.

Komponen prosesor ini juga dilengkapi dengan grafis PowerVR 7XTP-MT4, bukan lagi GPU dari ARM Mali seperti pada produk terdahulu. Dibandingkan dengan Helio X20 dan X25, chip prosesor Helio X30 ini menjanjikan kecepatan RAM hingga dua kali lipat.

Di waktu yang sama, MediaTek juga meluncurkan chip prosesor untuk segmen menengah, yakni Helio P20. Chip ini dibangun dengan menggunakan teknologi FFC node 16nm dari TSMC. Di dalamnya terdapat delapan core A53 berkecepatan 2,3GHz yang dibarengi dengan GPU Mali-T880 MP2.

(BHK)

Ingin memuaskan hasrat mata dan keingintahuan Anda tentang teknologi? Lihat kumpulan video tentang teknologi yang wow, futuristik, serta gadget yang canggih & inovatif di [Video Teknologi WOW]

Artikel Terkait


Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
January 3, 2017 at 10:14 AM ×

Another biased benchmark from mediatek. Also, GPU performance is usually crap.
Helio X20 for example had slower GPU than older Exynos 7420
Helio X30 vs Snapdragon 830

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar